Wednesday, January 4, 2012

Fenomena “Oppa-oppaan”

Apa itu Oppa?

Oppa itu makanan yang dijual Euis sama Ara di serial Keluarga Cemara. (Itu Opaaaaaaak! Woy itu Opaaaak!) Iya iya astaga, iya opak. Buat yang gak tau film ini karena baru lahir mendingan balik dulu ke masa lalu.

Oppa itu biasanya nama panggilan buat Ayah dari Bokap atau Nyokap. Kata lainnya Kakek.

Ini memang bener, tapi bukan itu yang mau gue bahas.

Oppa itu adalah bahasa Korea yang artinya Kakak laki-laki. Nah cewek-cewek Korea biasanya manggil pacarnya juga dengan sebutan Oppa. Kalo di Indonesia tuh kayak abang. Abang-abang tukang somay.

Gue suka bingung, kenapa jaman sekarang anak-anak muda Indonesia udah sangat kekorea-koreaan sekali. Dikit-dikit liat artis Korea dipanggil Oppa. Dikit-dikit liat yang ganteng terus sipit dibilang “Itu Oppa kuuuuu! Saranghaeeeee”, terus teriak-teriak histeris. Pacar sendiri juga dipanggil Oppa, nah kan pacarnya biasanya cowok tuh (yaiyalah), mereka gak ngerti terus bilang “Kita putus aja deh”

Si cewek histeris, “Kenapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah?”

“Abis kamu manggil aku Oppa mulu, EMANGNYA GUE SETUA KAKEK LO ?!?”

Hal-hal kayak gini yang biasanya terjadi dikalangan remaja saat ini. Perbedaan bahasa juga bisa bikin orang yang gak ngerti pasti bingung. Kayak kemaren, gue ketemu sama temen gue, yang gue tau sih dia cowok.

“Chy gue bingung nih!”

“Kalo bingung pegangan aja,” asli gue benci kata-kata ini sebenernya, meaningnya gak jelas.

“Eh kampret, gue serius!” Temen gue meraung

“Iya iya kenapa?”

“Cewek gue nih, masa dia suka sama artis Korea”

Gue bilang, “Loh gak papa dong, mungkin itu memang kesukaannya dia, kenapa lo bingung”

Temen gue yang mukanya udah ditekuk ancur-ancuran bilang, “Bukan itu masalahnya, gue sih gak papa dia suka sama artis-artis Korea itu, tapi kenapa dia pengen gue kayak mereka juga, nah mereka mukanya bagus, lah gue?”

Hmmm gue sejenak berfikir, muka temen gue ini memang lebih mirip tukang cendol dibanding artis Korea. Belom lagi kalo ngebayangin dia pake baju yang belahan kerahnya sampe kebawah-bawah. Gue gak kuat deh, gak kuat. Bunuh saja aku Tuhan, bunuh saja aku.

Gue ketawa-ketawa biadab membayangkan muka temen gue yang sewaktu-waktu bisa diubah jadi kayak artis Korea. HAHHAHAHAHHAHAHAA gak kebayang.

“Eh kenapa ketawa coba?” dia kesel

“Haha enggak, gak papa.” Sebagai teman bijak gue menyarankan, “Karena muka lo jauh dari muka-muka artis korea (baca: gak ganteng), sebaiknya lo luluran pake lulur banci Thailand, dijamin ntar lo putih kayak mereka, kalo soal sipit sih gampang, setiap mau tidur tarik mata lo kesamping, gue yakin lo jadi sipit, kalo gak berhasil palingan jadi jereng”

Temen gue bengong, “Gue pernah sih baca tentang lulur itu, tapi YAKALI WOY! GUE COWOK!” Tenyata dia sadar kalo dia cowok dan dia gak mau diubah jadi banci Thailand.

Setelah lama berusaha menyelesaikan masalah, temen gue itu memilih buat jadi diri sendiri aja. Kalo ceweknya masih tetep mau sama orang Korea. Hubungi gue aja. Temen Korea gue lumayan banyak dan kayaknya banyak yang jomblo gara-gara disangka homo.

***

Gue pribadi pernah pacaran sama orang Korea, gue serius, waktu di Amrik dulu. Tapi, dia gak terlihat seperti homo. Ganteng-ganteng tinggi asik abis gitu kalo kata temen gue yang lain. Pacar-pacar dia cantik-cantik banget. Gue orang cantik ke sekian sepertinya waktu itu. Huehehhehe.

Tapi yang gue gak abis pikir. Kenapa orang Indonesia terobsesi banget sama orang Korea. Orang Korea itu kalo makan, makanannya penuh-penuh dimasukkin ke mulut. Kadang-kadang sambil ngomong. Jadi, muncrat-muncrat ke segala arah gitu.

Okelah, point baiknya mereka memang cakep-cakep. Mereka cakep juga gara-gara operasi. Yaudahlah tapi tetep aja cakep. Ini point plus.

Point plus lain adalah mereka rata-rata pinter. Jarang banget gue kenalan sama orang Korea yang bego. Ada sih satu temen Korea gue yang bego, dia cewek, tapi itu juga gara-gara kebanyakan main sama gue.

Oh iya, orang Korea itu kalo cowok mobilnya bau kimchi, kalo cewek bau kimchi juga sih tapi berantakan. Berantakan banget mobilnya parah. Lagi-lagi ini mobil temen gue yang bego tadi. Bau mobilnya perpaduan antara kimchi dan kaos kaki bekas. Mungkin dia memang pengecualian. Kemungkinan dia anak bangsa Korea yang ditendang jauh dari negaranya karena gak memenuhi syarat.

Point plus yang lainnya adalah cowok Korea takut sama ceweknya HAHAHHAHAHA *tertawa kemenangan. Semacam suami-suami takut istri gitu. Kebalikannya orang Jepang, kalo orang Jepang rata-rata ceweknya yang takut sama cowoknya. Nah, kalo cowok Korea udah sayang sama ceweknya, apapun akan dilakukan. Mereka akan terkesan cool dan cuek tapi sebenernya perhatiannya lebay. Gue sempet ngalamin kok, tapi karena gue adalah orang yang cemen. Cowok gue dulu gak takut sama gue. Sial.

***

Jadi intinya, kalo lo suka sama cowok romantis tapi sebenernya terkesan cuek, pacarilah orang Korea. Mereka adalah orang yang tepat. Kalo lo pengen banget cowok lo tepat waktu, pacarilah orang Korea. Kalo lo pengen cowok yang modis, pacarilah orang Korea, dijamin sebagai ceweknya, lo akan lebih sering nemenin dia belanja, bukan sebaliknya.

Kalo lo benci sama muka fake yang ada oprasi-oprasian, mendingan jauhi orang Korea. Disana, anak smp aja udah bolak-balik operasi. Kalo lo suka gonta ganti pacar, mendingan jauhi orang Korea, mutusin orang Korea itu kayak patahin akar pohon beringin yang udah tua, selain susah juga kurang kerjaan. Jadi kalo lo orang yang cepet muak, mendingan jangan deh. Lo akan diikuti terus sama dia sampai mati. Nggak nggak, gue berlebihan kok.

Oh iya pacar gue dulu gak operasian. Tapi sepertinya akan operasi -_____________-“. Kalo lo liat di tv ada orang yang mukanya ganteng tapi sebenernya culun mungkin itu adalah mantan gue yang telah lama hilang. Azek.

Gue masih contact, tapi udah jarang, sepertinya dia udah masuk list sahabat bodoh gue. Adiknya bilang dia sering bertingkah seperti troll di 9gags. Mungkin dia ganti menu favoritnya, Kimchi, menjadi upil fermentasi.

Kita memang udah gak sama-sama lagi, udah lama banget. Salah satu alasan kenapa gue masih single adalah karena dia masih single. Gue gak tega pacaran lagi. Oke ini memang alibi, selain memang nasib.

Tapi bukan berarti gue gak move on, santai, gue single karena gue memang mau single. Pacaran itu ribet, menurut gue sih begitu. Kebanyakan orang jadi gak bisa konsen gara-gara pacaran. Gue juga tipe yang begitu. Masih banyak yang harus gue pikirkan daripada mikirin orang lain. *ini kenapa jadi curhat*

Oke buat cewek cewek yang suka sama hal-hal berbau Korea, lanjutin deh gak papa, tapi please kalo pacar lo orang Indonesia jangan perlakukan mereka seperti cowok Korea. Bagaimanapun juga mereka orang Indonesia, diubah mukanya juga udah susah. Kasian. Perlakukan mereka selayaknya orang Indonesia yang juga “kadang-kadang” ganteng. Hidup Indonesia!

Merdeka!

Out of the topic, gue lagi suka banget buka websitenya 9gags. Atau, kalo mau cari, search aja “The Art of Trolling” di facebook. Lucu banget. Gue suka ngakak kayak orang gila sendirian gara-gara itu.

Oh iya, minggu depan gue UAS, jadi ini mungkin posting terakhir selama seminggu atau dua minggu kedepan. Tapi gue masih suka ngetweet ngaco-ngacoan kok di twitter gue @echyPFH , yang belom follow monggo di follow.

Aight see you guys there really soon.

by Facebook Comment

8 comments:

Arif Chasan said...

hahaha... XD
mau dong di panggil Oppa... XD

Nurul Khaliza said...

Oh, Oppa itu kakak ya? Baru tahu. *emang katrok*
Temenku yang cewek, ada yang manggil Oppa ke pacarnya, karena si cewek ini suka Korea. Awal-awal kirain Oppa itu semacam sayang -__-

echy said...

iya, Oppa itu kakak hahahhaa... tau ya memang jaman sekarang banyak banget orang indonesia yang pengen kekorea-koreaan hmpf

Deni said...

gw jatuh cinta ma penulis ini :D
bakat jadi sutradara film action drama komedi
Like this, fresh and natural!

Abdur Rohim said...

Saranghae kakekkkkk

darlingenemy said...

Yah ampun....nih blogger nya asli kamu kocak abis. Suka saya bacanya...pagi2 udah bikin ngakak. Good job Dik...and good luck.

raissa_raissa said...

Ya ampun kak, ngakak asli baca ini XD

Arizal Muttaqin said...

Cowok Indonesia juga banyak yang kok yang ganteng. jadi tolong deh jangan merendahkan bangsa sendiri dengan mengatakan orang indonesia mukanya minus.
Helloooo!!!!!! buka mata lebar-lebar dong! dari sabang sampai merauke banyak cowok ganteng dengan aneka kekhasannya. bahkan di papua sana yang sering diolok muka hancur bisa kamu temui orang yang gantengnya kayak will smith

Post a Comment

Powered by Blogger.