Tuesday, January 17, 2012

UASUASUASUASU…

Gue panik… Gue panik… Jalanan macet total… Gue mau coba jalan kaki sampai kampus tapi gak mungkin. Jarak dimana gue berada dengan kampus masih: JAUUUUUUUUH BANGEEEEEETTTTTT.

Lalu, gue melihat jam tangan…

Pukul 8.20…

Dan gue…

Harus ujian jam SETENGAH SEMBILAN!!!!! Oh Tuhan ampunilah dosaku.

Gue emang telat bangun. Semalam gue baru tidur pukul 1 malam dan stuck selama beberapa jam diatas tugas menggambar yang gak selesai-selesai.

DAN PAGI INI…

KENAPAAAAAAH PAKE ACARA MACET SEGALAAAAAA… AAAAAA

Gue setiap hari emang begadang buat mempersiapkan kegiatan paling menyebalkan yang pernah diciptakan oleh para pendidik kita, apa lagi kalo bukan…

UAS…

Yang kalo diulang-ulang terus bisa jadi ASU..

UASUASUASUASU

***

Bokap gue yang selalu mengantarkan gue kuliah harus ngebut ekstra cepat supaya gak telat. Tapi percuma saja. Walaupun gue naik jet atau elang sekalipun, gue pasti telat.

Dengan terpaksa, gue harus lari-lari dan mengambil map tugas yang ketinggalan di kost-an. Abis dari kostan, gue lari-lari lagi naik jembatan penyebrangan buat sampai ke kampus. Di kampus, gue lari-lari buat sampai ke kelas. Untungnya, kelas gue masih kosong.

Lalu, gue lupa kalo gue belom ngeprint tugas. Akhirnya gue naik turun tangga sampai ke tempat print-an. Gue titip flash-disc gue, lalu gue ke kelas lagi. Di kelas, murid-murid sudah mulai berdatangan. Lalu gue buru-buru ke tempat ngeprint lagi, udah beres. Gue ke kelas lagi, dan dosennya bilang “Kamu telat!”

Ingin rasanya terjun dari lantai 7.

“Mana Kartu Ujian kamu?”

Ngubek-ngubek tas dan ternyata gak ada “Yah Pak ketinggalan”

“Yaudah kamu urus dulu ke Tata Usaha”

Dengan terpaksa, gue harus naik turun lift lagi. Gue memang mahasiswa yang sedang UAS, tapi gue terlihat seperti kuli angkut beras berkeringat yang disuruh kerja rodi sama bosnya. Untung Tata Usaha lagi efektif, jadi ngurusnya cepet.

***

UAS gue 2 hari ini adalah Perancangan Arsitektur.

Merancang apaan Chy?

Merancang Goa. Gue sebenernya bikin kantor dengan tinggi 8 lantai. Seharusnya keren, tapi karena gue yang bikin jadinya malah kayak gini.

IMG01281-20120117-1122

Dengan desain seburuk ini, mungkin yang mau hire gue cuma manusia purba di jaman es

 

Ada beberapa hal yang mengganggu gue untuk fokus akhir-akhir ini. Pertama karena dosen kuliah Perancangan gue ada banyak. Bingung banget mau ikutin yang mana. Desain begini salah. Desain begitu, dosen yang satunya lagi bilang salah.

Intinya serba salah. Raisa bener.

Yang kedua adalah gue kurang tidur. Kalo tiba-tiba ada yang liat anak cemen muter-muter gak jelas dan bermuka seperti zombie, gak usah sungkan untuk bertegur sapa, mungkin itu gue.

***

Buat gue yang emang selalu pura-pura pinter, UAS dengan sistem “presentasi” bukanlah masalah besar. Gue diuji 4 dosen. Bener-bener mirip TA *walaupun gue juga belom pernah ngerasain TA itu kayak apa.

Dosen PERTAMA bertanya dengan santainya “Kenapa saudara bikin desain seperti ini? Apa hubungan desain saudara dengan situasi disekitarnya?”

Karena ini desain gue, jadi gue gak minta bantuan “saudara” gue buat menjawabnya. Akhirnya gue jawab sendiri dengan lagak sok pintar. Semoga dosennya gak nyadar kalo gue cuma mengarang bebas.

Pertanyaan selanjutnya datang dari dosen KEDUA, dia bilang “Ini kenapa begini? Ini kenapa begitu?”

Beruntung gue sering nonton serial Doraemon jadi gue bisa mengarang dengan konsep: “Aku ingin begini aku ingin begitu”

Tampaknya Dosen gak masalah dengan jawaban ngaco gue. Walaupun terlalu banyak menghayal hebat dengan desain seburuk ini.

Dosen KETIGA datang membawa senapan, seolah-olah kalo gue salah tinggal di “Dor”

Mukanya serem abis

Dan dia bertanya tentang: “struktur” !!!

Matilah gue… Gue pernah belajar struktur waktu masih sekolah di Maryland, itu aja dapet C. Di kampus gue yang sekarang gue belom ambil mata kuliah itu.

Gue cuma bisa bengong ketika si Dosen memicingkan mata ke arah gue dengan bertanya, “Ini liftnya buat berapa orang? Dimana kamu menggambar kabelnya? Ini pondasinya gimana? Ini sistem strukturnya pake apa?”

Gue ulangi sekali lagi.

MATILAH GUE!!!!!!!! ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ!!!!!!!

“Eeeee ini bu anu bu, eh Bu hari ini cerah ya?”, gue gak tau mau jawab apa. Seketika pikiran-pikiran gue melayang-layang, gue memikirkan Nyokap yang telah membiayai gue kuliah, gue memikirkan Bokap yang setiap pagi mengantarkan gue kuliah di pagi buta, gue memikirkan adik gue yang masih butuh biaya untuk beli susu.

Benar-benar merasa seperti mahasiswa tidak berguna. Kalaupun UAS gue nilainya jelek, sudah bisa dipastikan gara-gara pertanyaan itu.

Dosen gue yang KEEMPAT menolak untuk bertanya. Mungkin dia pikir kalau bertanya kepada mahasiswa seperti gue, dia akan sesat dijalan.

Lalu dia bilang, “Yaudah cukup, kamu boleh pulang.”

Gue bingung soalnya Dosen ini belom nanya, “Bapak gak nanya, Pak?” Kata gue sok akrab.

“Nggak, sudah cukup, saya sudah mengerti.”

“Jadi presentasinya sudah selesai, Pak?

“Iya”

“Horeeeeee!!!!!!!”

“Jangan seneng dulu, besok masih harus presentasi lagi, dibetulin lagi tugas-tugas yang ada di map kamu itu.”

“*Jleb* *Mengulang adegan terjun dari lantai 7*”

***

Setelah selesai, akhirnya gue pulang. Minimal ujian Perancangan hari pertama selesai sudah. Masalah besok presentasi lagi, gue udah pasrah. Tinggal benerin tugas di rumah, rebes.

Ditengah perjalanan gue bersiul. Seperti ada yang kurang tapi ah sudahlah.

Setelah sekian lama dijalan.

Gue berpikir…

Terus berpikir…

Dan gue baru sadar kalo…………..

MAP TUGAS GUE KETINGGALAN DI KAMPUS!!!!!! TERUS BENERIN TUGASNYA GIMANAAAAA????

*kali ini terjun dari flyover*

by Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.