Monday, January 2, 2012

Pusat Inspirasi, Datang Dari Mana Saja

Akhir-akhir ini sebenernya banyak banget hal yang menginspirasi gue. Dari hal-hal kecil di sekitar, sampai sesuatu yang besar yang kebetulan emang gue cari-cari sendiri, contohnya seperti hadir ditengah-tengah para comedian-comedian handal di Bhineka Tunggal Tawa di akhir 2011 lalu. Mungkin nanti gue akan posting mengenai ini kalau sempat, soalnya acaranya keren banget.

Gue lagi gencar-gencarnya mencari inspirasi buat nulis. As you know, sebelum-sebelumnya memang gue pengen belajar jadi penulis komedi. Jujur, Raditya Dika adalah salah satu orang yang gue kagum banget teknik penulisannya. Apalagi bukunya yang baru, Manusia Setengah Salmon, bahasanya mateng banget tanpa mengurangi esensi kelucuan khasnya. Sekarang masalahnya, gue sendiri ngerasa kalo belom dapet voice yang pas buat bahasa tulisan gue. Masih bergaya setengah Radith, setengah Valiant Budi, setengah Adhitya Mulya, setengah Pandji juga. Kadang-kadang malah sedikit bergaya bahasanya Arief Muhammad yang cenderung lebih “ringan”.

Gue juga jadi sering ke toko buku, udah banyak banget tulisan komedi yang bertebaran dimana-mana. Dari yang lucunya profesional dan original sampai plagiat. Banyak banget para plagiator-plagiator muda yang esensi menulisnya adalah: pengen terkenal. Diterbitin sih, mungkin ada juga yang beli bukunya, tapi kan tetep aja orang tau mereka plagiat dari liat covernya juga.

Terus terang itu yang gue hindari, gimana caranya menulis dengan originalitas sendiri dengan genre yang udah menjamur? Ini susah. Tapi gue selalu memegang kata-kata Pandji “Susah tapi Bisa”.

Gue lebih gencar mencari inspirasi, kali ini gue berhenti dulu baca blog orang. Gue lebih ke area “buku” sekarang. Gue cari buku-buku komedi import. Gue beli versi bahasa aslinya. Soalnya, gue ngerasa buku terjemahan itu udah memakai campur tangan gaya bahasa si penerjemah. Rasanya jadi gak asik.

Gue lagi gencar-gencarnya baca buku David Sedaris. David Sedaris ini orang Amerika, tapi setau gue dia menetap di London. Gue suka jokes-jokes nya orang Inggris sebenernya. Dulu gue suka banget nonton Cesc Fabregas Show. Jadi David Sedaris menggabungkan cerita-cerita dia yang kebanyakan berlatar belakang Amerika dan bahasa jokenya yang kadang-kadang sedikit ke style Inggris. Cerita-cerita dia di habitat sebelumnya, Amerika, tentunya akan lebih mudah dibayangkan karena situasinya familiar banget buat gue.

Draft gue masih baru jadi 60 persen dengan beberapa bab yang sempet di rewrite. Kesel abis. Bikin draft 1 aja gak beres-beres, gimana mau di kirim ke penerbit? –__-

Gak beda jauh sama blog ini kok isinya, cuma lebih tertata dan diberi benang merah aja. Ada sisi-sisi nasionalis juga disitu. Overall, gue memang nambahin banyak hal disana. Yah doain aja semoga draft nya cepet beres. Ini aja gue masih galau mau kirim kemana. *ciri-ciri penulis gak kerja keras.

Doain gue ya. Semoga gue bisa jadi penulis cewek pertama dengan genre komedi yang gak basi. Siapa bilang cewek gak bisa terjun ke dunia komedi?

by Facebook Comment

1 comments:

Arif Chasan said...

amiiin... sukses buat bukunyaa... XD

Post a Comment

Powered by Blogger.