Friday, March 2, 2012

Ujian Nasional oh Ujian Nasional

imgres
Photo by Google
Pernah dengar yang namanya UN? Pasti pernah. Memang istilahnya terus berubah-ubah. Dari UAN (Ujian Akhir Nasional) ke UN (Ujian Nasional). Gak tau sebelum UAN apa namanya. Mungkin Ebtanas (Ebta Nasional. Ebtanya juga gak tau apa kepanjangannya). Pokoknya selama ada kata Nasionalnya di belakang, pasti serem.


Sesuatu hal yang penting.
Membuat bulu kuduk merinding.
Membuat mata buram.
Bibir pecah-pecah.
Dan susah buang air besar.


Ujian Nasional adalah ujian penentuan kelulusan sekolah, baik SD, SMP maupun SMA / Sederajat. Nah bagi anak SMA, penderitaan tidak cukup hanya sampai disitu. Mereka masih punya kewajiban satu lagi, yaitu SNMPTN.
Jangan bilang ada yang gak tau SNMPTN itu apa. Kasian sekali. SNMPTN (
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah ujian masuk Universitas Negeri.

“Ah waktu jaman gue gak ada Chy!” Kata anak angkatan 2000an.
Oke waktu tahun 2000an memang namanya masih SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Gue gak tau angkatan 90an juga pake istilah ini apa nggak. Yang pasti waktu gue lulus SMA dulu di tahun 2007, istilah ini yang kita kenal.
“Ah SPMB itu apaan lagi?” Kata generasi bangkotan.

Apa? Gak tau juga? Astaga. Oke oke kalau Sipenmaru? Kalau gak tau juga, tua sekali kalian. Nih gue jabarin semuanya. Kita punya SKALU sekitar tahun 76, PTN terdaftar waktu itu ada 5. Lalu setelah itu ada SKASU di tahun 78 sehingga PTN di Indonesia yang terdaftar ada 10. Setelah itu lahirlah Sipenmaru. Dan seterusnya.
Jujur gue agak kesel kenapa selalu diubah-ubah gini.


***
Jadi ada satu teman gue di twitter,
@lovitaaaa , dia pengen gue membahas tentang Ujian Nasional. Oke gue akan coba kasih tips menurut pengalaman gue menghadapi Ujian Nasional.


1. Belajar
Iya belajar, duh nenek-nenek juga tau. Gak usah Ujian Nasional. Ujian biasa juga pasti disuruh belajar. Tapi belajar yang kayak gimana sih? Kalau dulu, gue gak bisa belajar sendiri. Mengingat kapasitas memori otak gue sangat culun, gue lebih suka belajar bareng guru les. Pertama, dia bisa ngajarin kita. Kedua, dia bisa menjadi motivator. Ketiga, dia bisa menyelesaikan semua peer kita dengan benar. Hahaha.
Tapi ada kalanya kita harus belajar sendiri setelah les. Percuma les kalau gak masuk ke otak. Dan percuma bayar guru. Sekarang guru les itu mahal. Adik gue aja lagi gencar-gencarnya jadi guru les, semenjak kuliah di UI. Tapi pasti kasian banget yang jadi muridnya.


2. Jangan lupa makan
Makan itu penting, istilahnya seperti laptop yang dipakai terus menerus tanpa di charge. Laptop tersebut pasti mati. Pesan gue makanlah nak, makanlah. Jangan mati sebelum ujian nasional. Pertama, kasian yang melayat karena jam belajar mereka terganggu. Kedua, ujian nasional bukanlah akhir dari segalanya.


3. Bertobatlah
Yang suka nongkrong di mall setelah pulang sekolah, yang suka main game sampai begadang, yang suka nonton sinetron magrib-magrib, yang kalo buang air gak pernah disiram. Bertobatlah. Segera bertobatlah.
Ganti habit kalian jadi pegang buku, kerjain soal, dan berdoa. Kita memang punya otak, kita punya guru, kita punya orangtua, tapi inget kita juga punya Tuhan. Segala aspek ini bisa membantu kalian. Bahkan sayangilah hewan peliharaan kalian. Beri mereka makanan yang mahal. Siapa tau dengan kalian berbuat baik, nilai UN kalian bagus.


4. Makanlah pisang
Gue udah bilang di beberapa posting sebelumnya, kalau makan pisang adalah cara paling jitu mengendalikan mood. Selain pisang, gue kemarin baca kalau alpukat juga bisa membuat senang. Saran gue, hindari pepaya, nanti kalian mencret-mencret pas ujian. Kalau Bokap gue selalu bilang, “makan protein nak”. Jadi segeralah mencari ke minimarket sekitar dan bilang, “Mbak, saya mau beli protein.” Berdoa aja semoga gak dikasi protein buat rambut.


5. Jangan kurang tidur
Gue ngerti, yang namanya ujian itu pasti belajarnya menggila. Pagi ngantuk, malem belajar. Begitu aja terus. Yaudah, saran gue, lebih baik kalian tidur dimanapun kalian berada. Lagi ngobrol sama satpam, numpang tidur di posnya. Lagi mau naik ojek, tidur dulu dipangkalannya. Lagi beli sayur, tidur di trolley belanjaan. Manfaatkanlah waktu seefektif mungkin.


6. Buatlah Contekan
Gue bukan ngajarin yang gak bener. Tapi ketika kalian buat contekan. Kalian belajar. Iya kan? Merangkum itu hal yang paling baik untuk belajar. Sewaktu ujian, kalian udah otomatis hafal. Kalau gak hafal juga yaudahlah banyak-banyak zikir aja.
Pesan penting: Kalau mau sukses, kuburlah hidup-hidup PS kalian. Jangan lagi buka facebook, twitter, dan sebagainya. Jangan buka 9gag. Jangan baca blog gue.


Udah sana-sana belajar, malah online.


Dasar generasi muda jaman sekarang…


Oh iya yang belum follow twitter gue, silahkan follow di @echyPFH. Gue sering ngepost yang aneh-aneh disitu. Gue juga bisa lebih leluasa bales kritik, saran, atau masukan dari temen-temen semua.


Mungkin nanti gue akan cerita sedikit suka duka gue waktu Ujian di SMA. Stay tune terus. Tapi yang lagi UAN,

AYO BELAJAAAAR!!!!!!!!!!!

by Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.