Monday, August 22, 2011

English Language

Oke nih di awal awal paragraf gue bakal nanya, siapa di negara kita ini yang gak bisa bahasa inggris? Coba siapa? Nah kalo tiba tiba pas gue tanya ini terus ada yang ngaku "gue gue! gue gak bisa bahasa inggris!". Terus pas gue tanya "How are you?", eh terus dengan cepetnya dia jawab "i'm fine thankyou and youuuu" *pake gaya gaya anak sd baru belajar bahasa inggris di tempat les tuh.

Nah itu artinya lo bisa, masalah terbesarnya adalah bahasa yang lo gunakan itu benar atau salah, nah itu yang diragukan. Mungkin ya kalo dijejeran negara-negara asia, bangsa kita termasuk negara yang bisa dibilang "mengerti" bahasa internasional ini. Ini selain India, Malaysia, Philipine, yang tentunya dalam sejarahnya dulu lama bener dijajah sama Inggris. Oh iya sama Singapore yang emang cuma bisa pake bahasa itu, soalnya kalo bahasa cina bahasa india melayu digabung pasti aneh nantinya. Nanti jadi bahasa planet namec.

Gue memang sempat berfikir kalo dibandingin sama jepang korea, ya kita emang lebih jagoan lah. Kecuali sekarang, yaa orang korea udah mulai punya akses langsung ke amerika, entah karena orang orangnya kaya banget atau industri musik mereka bisa jebol lah kesana. Tapi kalo orang orang yang gak pernah masuk ke industri musik, atau belom pernah sekolah diluar, atau emang gak pernah keluar dari korea. Ya mereka kurang banget di bidang ini. Sama halnya dengan cina. Kalo Jepang mah emang gak bagus di bahasa asing. Orang semua bahasa Inggris ditranslate ke bahasa jepang, film juga di dubbing. Dubbing loh bukan subtitle. Plus baca deh blog gue yang dijepang lalu.

Ada sebuah research, biar keren aja sebenernya ini sih gue rasain sendiri, gue bisa ngomong bahasa inggris walaupun ngaco banget tuh dulu waktu pertama kali sekolah di DC. Tapi diluar dugaan ternyata emang temen temen asia gue yang lain tuh lebih parah.

Terus terang sekarang pun gue masih suka salah kalo ngomong atau nulis, entah meniru yang salah dari dulu atau emang lagi belet aja. Yang pasti gue terus belajar dan kalo ada yg kritik "itu salah tuh chy, malu-maluin amat masih salah aja udah 3 taun di amrik." atau entah dengan menyindir dari jauh atau macem macem lah caranya itu yang penting kita bisa ambil ilmunya. Nah yang bisa gue tangkep dari kesalahan adalah "JANGAN PERNAH MALU BELAJAR". Kritik itu emang ada yang halus ada yang kasar tapi tetep terus belajar itulah intinya.

Malu si emang kalo salah apalagi pernah sekolah diluar, tapi gini sekarang cobalah bisa dimengerti orang, untuk ngomong aja loh kalo academic writing lain cerita. Kalo ngomong, yang penting orang lain mengerti apa yang lo omongin, baru selama perjalanan lo bisa belajar yang mana yang benar yang mana yang salah. Karena kalo nungguin BENER PERFECT dulu, waktu lo buat ngembangin diri dan berani ngomong itu udah keburu abis sama waktu. Lagian bisa dimengerti orang itu artinya grammar vocab lo udah lumayan, yah daripada lumanyun.

Learning by doing itu yang biasa kita denger dari guru guru hebat dunia. Gini deh, kasarnya gak ada bayi baru lahir keluar langsung bisa debat di DPR misalnya. Manusia itu butuh sekali waktu untuk belajar, butuh step step dulu kalo mau berhasil. Sehingga nantinya dia bisa berkembang secara pasti di masa depan. Sama halnya dengan bahasa. Bagi orang Indonesia yang kecilnya di Inggris, sekolah di Aussie bertahun tahun tentunya lain cerita. Tapi ini untuk kita-kita yang basicnya hanya pendidikan Indonesia, yang mungkin gurunya aja belom tentu bener ngajarnya, karena dia juga mungkin masih belajar.

Jangan pernah bilang "Sok-sokan banget lo pake bahasa inggris, masih salah banyak aja", ya maaf ini sering lho gue baca di timeline twitter gue yang notabennya ada beberapa anak yang memang sudah sangat jago. Biar gimana pun bedalah anak yang gak pernah mengenyam pendidikan diluar negeri sama yang pernah. Nah itulah, yang merasa pinter harus dituntun tuh yang belum pinter. Salah satunya dengan cara nulis pake bahasa inggris di timeline dengan benar sehingga secara tidak langsung mereka yang belum pintar bisa baca dan mengerti "oh begini ya yang bener". Tapi jangan ikutin bahasa gue karena biasanya gue pake bahasa sok sok gaul inggris campur amrik seadanya sama ada bahasa depoknya dikit. :))

Intinya gini, semakin lo bilang "jangan sok-sokan ngomong bahasa inggris deh lo kalo belom bisa", itu menurunkan semangat mereka untuk belajar "ah gue ternyata emang gak bisa, ah gue gak mau ngomong lagi deh". Banyak yang kayak gitu, musuh terbesar kita tuh takut salah. Banyak yang cerita sama gue begini dan ini fakta.

Yang salah adalah ketika lo udah banyak berkecimpung di dunia berbahasa inggris, lonya tetep aja melakukan kesalahan yang sama. Nah itu namanya baru gak mau belajar jadi lebih baik. Tetep baca, tetep belajar sampe toefl lo diatas 600, biar sampe professor, ini lebay tapi emang begitu kalo mau sukses. Gue juga mau gitu ah. Jadi semangat sendiri -_______________-

Jadi jangan pernah takut, bangga jadi orang yang punya negara yang mengajarkan kita harus bisa 2 bahasa. Diluar sana banyak yang cuma bisa 1 bahasa. Belajar terus, banyak dengerin lagu lagu luar, film film. Ini gak cuma buat bahasa inggris. Remaja remaja gaul di luar sana yang suka drama korea, jangan cuma liatin aktor ganteng unyunya tapi pas nonton filmnya sekalian belajar tuh hangulnya. Ibu-ibu yang suka telenovela ayo sekalian ngertiin bahasanya.

Itu baru semangat, perjuangan kita sekarang adalah supaya bisa terjun payung didunia luar sana. Jangan ngebom ngebom lagi perangnya sekarang. Bahasa itu penting, bukan sebuah alat untuk menghancurkan nasionalisme, jangan lupakan bahasa yg baik dan benar kita, dan tetep belajar yang lain. Itu baru hebat.

Pernah ada yang bilang "katanya nasionalis! Kok ngomongnya pake bahasa inggris". entahlah gue gak paham sama statement ini, yang pasti, yang nulis harus tau seberapa banyak presiden Soekarno bisa bahasa asing dan dia bisa hebat pada jamannya. Jangan asal ngomong untuk mencapai kontroversi, karena masyarakat gak butuh kontroversi yang nonsense.

Tetep terus belajar dan jangan takut, salah itu biasa, yang gak biasa itu yang gak mau nyoba.

Goodluck. have a great day mate xx *mulai sok gaul Inggris haha ;)

by Facebook Comment

3 comments:

Ryan Ismail Soeharto said...

tapi gw yakin, elu pasti jago bahasa inggris ka. -_-

tya's journey said...

setuju chi.. kebanyakan oramg takut dibilang "salah" --> malu.

echy said...

gw memang bisa bahasa inggris tapi juga gak jago jago amat, nah di posisi gw ini, gw coba buat menghargai teman-teman yang masih malu buat lebih berani! :D

Post a Comment

Powered by Blogger.